Merangkum Materi Bab 3 Safira Fachri 8E (31)

 Peran TIK dalam Kehidupan Manusia

 

Safira Fachri 8E (31)

Tugas merangkum bab 3

 


Berbagai kemajuan teknologi

Kita akan membahas terlebih dahulu beberapa teknologi dasar yang mengawali dan memungkinkan berbagai aplikasi teknologi dilahirkan dan digunakan secara massal.

 

a.    Machine Learning

Machine learning adalah teknik untuk menganalisis data yang mengajarkan komputer berperilaku atau berpikir layaknya manusia atau binatang, yaitu belajar dari pengalaman. Jika dijelaskan dengan cara sederhana, machine learning adalah algoritma yang memungkinkan komputer belajar untuk menjadi lebih pintar dari halnya manusia atau binatang yang dapat belajar dari pengalaman sebelumnya. Machine learning menjadi salah satu kunci untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di berbagai bidang, di antaranya sebagai berikut. 

1)    komputasi keuangan untuk analisis kredit dan algoritma transaksi di pasar saham.

2)    Pengolahan gambar dan komputer vision untuk pengenalan wajah, pendeteksi gerakan, dan pendeteksi objek.

3)    Komputasi biologi untuk mendeteksi tumor, penemuan obat, dan pengurutan DNA.

4)    Produksi energi untuk penentuan harga dan perkiraan kebutuhan masa depan.

5)    Otomotif, pesawat udara, dan manufaktur, untuk memprediksi jadwal dan kebutuhan pemeliharaan.

6)    Pemrosesan bahasa natural, untuk aplikasi pengenalan suara.

 

b.    Computer Vision

Computer vision merupakan bagian dari artificial intelligence yang mengembangkan untuk membantu komputer dapat melihat dan memahami konten gambar digital, seperti foto dan video. Algoritma pada computer vision dirancang agar komputer dapat mengenali dan membedakan objek-objek yang ada dalam gambar atau video. Computer vision digunakan untuk mengenali objek atau sesuatu dari gambar digital untuk berbagai tujuan, diantaranya sebagai berikut.

1)    Klarifikasi objek, mengklasifikasi objek yang ada dalam foto.

2)    Identifikasi objek, mengidentifikasi objek yang ada dalam foto.

3)    Verifikasi objek, memverifikasi apakah ada suatu objek di dalam foto.

4)    Deteksi objek, mendeteksi posisi suatu objek ditempatkan dalam foto.

5)    Deteksi landmark objek, digunakan untuk mengetahui poin utama dari suatu objek yang ada dalam foto.

6)    Segmentasi objek, untuk mengetahui piksel mana saja yang menjadi milik suatu objek dalam foto.

7)    Pengenalan objek (objek recognition), mengenali objek dan posisinya di dalam gambar.

 

c.     Nantural Language Processing (NLP)

Natural language processing atau sering disingkat NLP adalah bagian dari teknologi artificial inteligence yang memungkinkan suatu mesin membaca, memahami, dan mengetahui arti bahasa manusia. NLP digunakan untuk berbagai aplikasi, di antaranya sebagai berikut.

1)    Chatbot

Program robot yang digunakan untuk dapat melakukan chatting dengan manusia.

2)    Program translate

Untuk menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lain.

3)    Analisis sentimen

Digunakan untuk menganalisis respons pengguna di media sosial terhadap iklan atau topik yang ditampilkan.

4)    Search Auto-Complete

Ketika melakukan pencarian d8 mesin pencari, sering kali ketika kamu mengetik mesin pencari akan menyarankan langsung berbagai kata kunci pencarian.

5)    Descriptive analytic

Ulasan (review) dari pengguna produk atau layanan sangat penting bagi perusahaan sebagai umpan balik yang berharga dan alat untuk mengevaluasi produk dan layanan.

6)    Search auto-correct

Di aplikasi pengolah kata, seperti Microsoft Word, sering kamu temukan bahwa Microsoft Word akan memperbaiki secara langs7ng kata-kata yang diketik dengan ejaan atau spelling yang salah.

7)    Form spelling check

digunakan oleh beberapa aplikasi pengolah kata untuk melakukan pengecekan spelling dan grammar.

 

d.    Jaringan 5G

Jaringan 5G adalah generasi kelima dari teknologi jaringan mobile dan merupakan evolusi yang besar dari generasi sebelumnya, yaitu jaringan 4G LTE. Teknologi 5G memberikan layanan jaringan yang mempunyai kecepatan tinggi dan latensi rendah sehingga memungkinkan berbagai aplikasi generasi baru dikembangkan, serta membuka kesempatan untuk layanan dan bisnis yang baru. Ada tiga kategori utama dari penggunaan teknologi 5G, diantaranya sebagai berikut.

1)    Komunikasi mesin ke mesin secara masif

Teknologi 5G memungkinkan koneksi antara mesin-mesin sehingga nantinya mesin-mesin dapat di pantau dan dikendalikan melalui internet.

2)    Komunikasi ultra-reliable dengan latensi rendah

Koneksi dengan sambungan yang dapat diandalkan, kecepatan tinggi, dan latensi rendah memungkinkan berbagai perangkat dikontrol secara online, seperti perangkat industri, robot robot, kendaraan otomatis, dan sebagainya.

3)    Meningkatkan layanan telepon mobile

Teknologi 5G akan memberikan layanan data lebih cepat untuk koneksi mobile yang memungkinkan munculnya berbagai aplikasi baru dan tingkat koneksi yang lebih baik antarpengguna.

 

e.    Internet of Things (IoT)

teknologi yang memungkinkan berbagai perangkat terhubung ke jaringan internet, di mana perangkat tersebut memiliki kemampuan untuk mengirimkan data ke dan menerima data dari internet.

 

Electronic Commerce

Perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Keuntungan yang diperoleh perusahaan, diantaranya sebagai berikut.

a.    perusahaan dapat menjual produknya kepada lebih banyak orang.

b.    Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi. 

c.     Mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan karena perusahaan tidak perlu menyediakan toko yang besar dan pegawai yang banyak.

d.    Oleh karena biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi, harga barang dapat dijual dengan harga lebih rendah.

e.    Barang yang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya saing perusahaan.

Adapun keuntungan yang diperoleh konsumen, diantaranya sebagai berikut.

a.    Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang.

b.    Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.

c.     Mempunyai lebih banyak pilihan karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet.

d.    Dapat membeli barang yang terdapat di negara lain yang mungkin belum tersedia di dalam negeri.

e.    Harga barang yang dibeli menjadi lebih murah.

 

Pembayaran Online

Pembayaran online adalah layanan di internet yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran secara online ketika melakukan transaksi di internet.

 

Internet Bangking dan SMS Bangking

Internet banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. Layanan internet banking memungkinkan para nasabah bank melakukan transaksi perbankan di internet. SMS banking adalah layanan perbankan dari bank yang dilakukan dengan menggunakan SMS.

 

Pembayaran Digital

Pembayaran digital (digital payment) adalah metode transaksi atau pembayaran untuk barang atau jasa melalui media digital atau elektronik, tanpa melibatkan alat pembayaran cek atau uang tunai. Beberapa metode pembayaran digital yang banyak digunakan saat ini, di antaranya sebagai berikut.

a.    Aplikasi pembayaran mobile

Metode pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang ditempatkan di perangkat smartphone.

b.    Uang digital

Dikenal juga dengan nama cryptocurrency, yaitu nama uang yang mempunyai format digital, dan dibuat dalam bentuk token atau ‘koin’.

c.     Aplikasi Pembayaran dari Media Sosial

media sosial juga memberikan layanan untuk melakukan pembayaran dari pengguna ke pengguna yang lain (peer to peer) atau dari pengguna ke pelaku usaha di media sosial.

 

E-Government

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan memberikan keuntungan kepada masyarakat penggunanya, di antaranya sebagai berikut.

a.    Meningkatnya layanan kepada masyarakat.

b.    Meningkatnya hubungan antara pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat karena informasi lebih mudah diperoleh.

c.     Tersedianya informasi yang mudah diakses oleh masyarakat sehingga membuat masyarakat dapat mengambil keputusan dengan benar.

d.    Hilangnya birokrasi yang selama ini menjadi halangan bagi dunia usaha dan masyarakat apabila berhubungan dengan pemerintah.

Beberapa contoh penggunaan teknologi oleh pemerintah kota/daerah Dan dari beberapa departemen untuk pelayanan yang saat ini telah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, di antaranya sebagai berikut.

a.    Layanan pengajuan paspor online dan layanan legalisasi dokumen dari kementerian hukum dan hak asasi manusia.

b.    Layanan legalisasi dokumen dan pengaduan dari kementerian Luar Negeri.

c.     Sistem pengelolaan keuangan daerah (SKPD), e-Monitoring, e-Education, e-Permit, e-Office, e-Health, e-Dishub, Media Canter, dan sistem Siaga Bencana dari pemerintah kota Surabaya.

d.    Sistem e-Musrenbang, e-Budgeting, e-planing, e-procurement, serta e-Monev (monitoring dan evalution) dari pemerintah daerah Bojonegoro.

e.    Sistem e-goverment Binjai Smart City (BSC) dengan 14 sistem e-goverment hari pemerintah kota Binjai, Sumatera utara.

f.     Aplikasi Hibah Bansos (Sabilulungan), perizinan online, dan aplikasi elektronik remunerasi kinerja (E-RK) dan Pemerintah Kota Bandung.

 

Transportasi Berbasis Online

Aplikasi ini memungkinkan seorang pemilik mobil menyewakan mobil nya menjadi taksi yang dipesan oleh pelanggan melalui aplikasi online.

 

Telepon Seluler (Ponsel)

Telepon seluler atau telepon bergerak merupakan salah satu teknologi yang sangat berpengaruh pada kehidupan manusia. Teknologi ini berhasil mengubah cara manusia melakukan berbagai hal dalam kehidupan yang telah berperan menjadi alat komunikasi, hiburan, alat kerja, dan berbagai hal lainnya.

 

E-Health

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam usaha meningkatkan kesehatan dan perawatan kesehatan. Dalam bidang kesehatan, teknologi informasi dan komunikasi digunakan untuk beberapa peranan, di antaranya sebagai berikut.

a.    Administrasi

b.    Perawatan pasien langsung

c.     Engineering/information

d.    Informatika

e.    Penelitian/biomedicine

Sebagai contoh, berikut akan ditunjukkan beberapa aplikasi layanan kesehatan yang dilakukan dengan memanfaatkan TIK.

a.    Konsultasi dokter online

Internet dimanfaatkan oleh penyedia jasa layanan kesehatan untuk memberikan konsultasi gratis kepada masyarakat melalui internet. Pengguna dapat melakukan konsultasi kesehatan secara online dengan dokter yang disediakan secara gratis maupun berbayar.

b.    Electronic Health Record (EHR)

EHR adalah sistem rekam medis elektronik. Dalam sistem ini, data pengobatan pasien disimpan dalam kartu elektronik.

c.     Clinical Decision Support System (CDSS)

CDSS merupakan sistem pintar yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan dan data yang cukup sehingga mampu memberikan rekomendasi diagnosis dan penanganan kepada dokter dan perawat.

d.    WebMD Pain Coach

Bagi pengguna yang menderita sakit kronis, aplikasi WebMD Pain Coach dapat digunakan untuk manajemen pemicu dan tren untuk meningkatkan kualitas hidup.

e.    Glucose Buddy

aplikasi ini digunakan untuk pengaturan gula darah.

f.     uChek

Aplikasi yang membantu pengguna untuk menganalisis sampel urine untuk sepuluh kondisi yang ditandai seperti diabetes,  infeksi saluran kencing, dan lain lain.

g.    Clinical Trial Seek

Digunakan untuk mencari pasien dan dokter yang bersedia untuk melakukan uji klinis dari basis data National Institutes of Health’s Clinical Trials.

h.    Healthy Heart 2

aplikasi ini digunakan oleh pasien dengan risiko penyakit jantung yang tinggi.

i.      Kardia Mobile (EKG)

aplikasi ini ditujukan untuk pengguna yang memiliki gejala penyakit jantung.

j.      CDC

CDC adalah aplikasi yang menyediakan perpustakaan lengkap tentang informasi kesehatan, akses ke jurnal kesehatan, informasi pelacakan penyakit, blok kesehatan masyarakat, berita kesehatan, serta informasi dari lembaga pengontrolan dan pencegahan penyakit Amerika Serikat.

k.    Operasi Jarak Jauh

operasi jarak jauh adalah tindakan operasi yang dilakukan ketika dokter dan pasien berada pada lokasi berbeda dengan menggunakan robot yang dikendalikan melalui jaringan internet.

 

Mobil Self-Driving

Salah satu teknologi yang saat ini di nantikan kehadirannya adalah teknologi kendaraan self-driving. Teknologi ini memungkinkan kendaraan bergerak sendiri tanpa harus dikendalikan oleh pengemudi. Mobil self-driving dikembangkan dengan beberapa tujuan, di antaranya sebagai berikut.

a.    Kendaraan self-driving dinilai lebih aman dibandingkan kendaraan yang dikemudikan oleh manusia.

b.    Pada saat berjalan, mobil self-driving selalu pada kondisi siaga dan aktif mengawasi lingkungan dari berbagai arah.

Ada beberapa teknologi yang digunakan yang membuat mobil self-driving dapat direalisasikan, di antaranya sebagai berikut.

a.    Sensor IoT

Sensor untuk pengawasan daerah blind-spot, peringatan tabrakan di bagian depan, radar kamera, LiDAR, dan sensor ultrasonik yang saling bekerja sama sehingga kendaraan dapat bergerak secara otomatis.

 

b.    Konektivitas IoT

Data tersebut membuat mobil dapat mengenali sekelilingnya dengan lebih baik dan dapat membuat keputusan yang lebih baik.

 

c.     Algoritma Perangkat Lunak

Mobil akan memutuskan apakah harus berhenti, berjalan, menambah kecepatan, memilih rute, dan sebagainya.

 

Media Sosial

Media sosial (social media) dapat didefinisikan sebagai saluran komunikasi kolektif yang dilakukan secara online dan memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi, berbagi konten, dan berkolaborasi dalam komunitas. Ada banyak jenis media sosial yang dapat dibedakan menjadi beberapa tipe. Media sosial telah menjadi salah satu aplikasi internet yang paling banyak penggunanya. Saat ini ada banyak media sosial yang tersedia di internet, seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Linkedln, dan WhatsApp. Pada umumnya media sosial dilengkapi dengan fitur-fitur sebagai berikut.

a.    Akun pengguna

b.    Profil pengguna

c.     Teman-teman, Pengikut, Grup, Hashtags, dan lain-lain

d.    News Feeds

e.    Notifikasi

f.     Memperbarui atau Mem-posting Informasi

g.    Tombol like dan Komentar

h.    Review, Rating, atau Sistem Voting

kita perlu mengenali beberapa fitur media sosial yang dapat kita manfaatkan untuk melindungi diri agar tetap dapat menggunakan media sosial dengan nyaman.

a.    Mengatur profil dan privasi

b.    Unfollow

c.     Unfriend

d.    Block

e.    Mematikan notifikasi

f.     Menghentikan komentar

g.    Mengatur Posting-an dan komentar

 

Manfaat Menggunakna media sosial

Kehadiran media sosial memberikan manfaat dan pengaruh yang baik bagi kehidupan manusia. Media sosial membuat pengguna dapat terhubung dengan pengguna lain baik yang telah dikenal sebelumnya maupun dengan orang orang yang baru. Pengguna dapat tetap berkomunikasi dengan orang lain meskipun berada pada lokasi yang berbeda. Media sosial juga memberikan pengaruh kepada perilaku penggunaannya.

 

Dampak buruk dan bahaya penggunaan media sosial

Ada beberapa tindakan pengguna media sosial yang harus kamu waspadai karena dapat membahayakan, dan sebaiknya kamu tidak ikut melakukan karena mereka dapat menyebabkan masalah. Berbagai masalah atau tindakan berbahaya tersebut, diantaranya sebagai berikut.

a.    Span

b.    Cyberbullying/Cyberstalking

c.     Memanipulasi jati diri

d.    Informasi yang berlebihan

e.    Berita palsu atau hoaks

f.     Privacy/Security

g.    Penipuan

h.    Phubbing

i.      Kecanduan dan gangguan kesehatan

j.      Ujaran kebencian

k.    Mengancam presiden/wakil presiden

l.      Konten negatif

m.  Penghinaan dan pencemaran nama baik

n.    Pemerasan dan pengancaman

 

Etika Penggunaan Media Sosial

Sebagai pengguna media sosia, kamu perlu memahami beberapa aturan, etika, atau petunjuk yang dapat dijadikan sebagai panduan ketika menggunakan media sosial. Hal ini ditujukan agar kamu terhindar dari dampak buruk yang mungkin timbul dan terhindar dari tuntutan hukum.

a.    Menjaga privasi pribadi orang lain

b.    Hati-hati mem-posting sesuatu

c.     Memberi komentar yang wajar dan tidak menyerang pribadi

d.    Menggunakan bahasa ang baik

e.    Tidak memposting konten negatif

f.     Menghargai karya orang lain

g.    Tidak membagikan berita palsu atau hoaks

h.    Menggunakan etika komunikasi yang baik

 

 

 

 

 

 



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Akhir Bab 3 Safira Fachri 8E (31)

Kegiatan Ceramah Umum dan Digital Labs

Kesantunan atau etika bermedia sosial