Maulid Nabi, Loketa, dan Bulba Safira Fachri 8E (31)



 Maulid Nabi, Loketa, dan Bulba

Safira Fachri 8E (31)                    

 

 

Halo nama saya Safira Fachri dari kelas 8E, absen saya 31. Hari ini saya akan menceritakan tentang kegiatan maulid nabi, Loketa, dan bulan bahasa. Kegiatan Loketa dan bulan ini diadakan pada hari Senin, 26 Oktober 2020. Acara ini diikuti oleh murid-murid dari kelas 7, kelas  8, dan kelas 9. Tujuannya maulid nabi adalah memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Loketa dan bulan bahasa atau bulba, merupakan lomba-lomba yang dapat diikuti oleh murid-murid di sekolah saya. 

 

            Sayangnya kegiatan yang biasanya diadakan di lingkungan sekolah kini akan dilaksanakan dari rumah. Akibat virus Covid-19 menyebar maka murid-murid, guru-guru, peserta lomba harus mengikuti kegiatan ini melalui layar laptop atau dari platform zoom. Pada saat ini, saya belum mengikuti kegiatan lomba, tetapi banyak sekali teman-teman saya yang mengikuti acara kegiatan tersebut. Terdapat berbagai macam lomba yang ada di kegiatan ini. Untuk Loketa terdapat berbagai lomba, berupa Adzan, Da’i, MTQ, Tahfidz, kaligrafi, dan komik islami. Sedangkan untuk bulba (bulan bahasa) contoh lomba-lomba yang diadakan adalah Debat, fotu (foto virtual), Pidato, E-Poster, dan Cerpen.

 

            Pada pagi hari saya bangun dan langsung mempersiapkan diri untuk mengikuti acara Loketa dan bulba. Saat saya sudah selesai siap-siap, saya langsung memasuki platform zoom yang sudah disediakan. Kegiatan acara yang pertama adalah kegiatan maulid nabi. Kegiatan maulid nabi dimulai ketika waktu sudah menunjukkan waktu pukul 07.00. Masing-masing murid menggunakan virtual backround. Acara dimulai dengan sambutan dari anggota OSIS, POMG, kepala sekolah, dan guru-guru. Setelah sambutan tersebut anggota ROHIS akan membaca Quran atau tilawah. Kemudian ada ustadz Usaid yang akan menyampaikan ceramah. Acara dilanjutkan hingga jam menunjukkan pukul 08.20. Kemudian para murid-murid diperbolehkan untuk beristirahat sampai waktu yang menunjukkan pukul 08.50. 



 

            Selanjutnya kita mulai memasuki kegiatan Loketa dan bulba. Saya bukan termasuk seorang peserta lomba, tapi saya tetap menjadi suporter untuk yang mengikuti kegiatan perlombaan agar mereka tetap semangat. Berhubungan absen saya yang menunjukkan angka 31, maka saya tetap di dalam zoom yang sama untuk menyaksikan lomba Debat. Untuk para suporter sudah dibagikan jadwal zoom, dengan ruangan khusus dan absen-absen yang sudah ditentukan. Dan absen 31 (absen saya) tetap dalam platform zoom yang sama. Saya dan teman-teman saya yang lain menyaksikan perlombaan debat. Banyak sekali topik yang menarik seperti “Apakah Indonesia siap offline pada bulan Januari?” dan “Apakah menghapus UN pilihan tepat?”. Murid-murid yang mengikuti perlombaan itu tampak sangat hebat, dan jawaban mereka menarik-menarik. Perlombaan debat sangat seru untuk ditonton. Dengan banyak teman-teman saya yang sedang berlomba di acara Loketa dan bulba, akhirnya sudah pada selesai. Ketika banyak lomba yang sudah selesai, lomba debat tetap berlanjut. Sehingga para suporter dan peserta lomba lain memasuki zoom angkatan dan mulai menyaksikan lomba debat.

 

            Menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi murid-murid di sekolah saya. Walaupun, kegiatan terpaksa dilakukan dari rumah akibat penyebaran Covid-19 tetapi murid-murid tetap mendapat ilmu yang bermanfaat dan mereka dapat pengalaman untuk berlomba di kegiatan Loketa dan bulba. Mendengar cerita teman-teman saya, rupanya acara-acaranya seru sekali. Menurut saya lomba debat sangat menarik dan seru untuk ditonton. Sekian rangkuman saya tentang kegiatan maulid nabi, Loketa, dan bulan bahasa yang diadakan pada tanggal 26 Oktober 2020. Terimakasih sudah membaca. 





            



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Akhir Bab 3 Safira Fachri 8E (31)

Kegiatan Ceramah Umum dan Digital Labs

Kesantunan atau etika bermedia sosial