Tugas essay Algoritma

 Safira Fachri 8E (31)

 

1.     Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?

Algoritma adalah kumpulan langkah-langkah instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau persoalan. 

 

Perancangan algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer 

 

2.     Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

2 cara yang dapat digunakan untuk menuliskan algoritma adalah pseudocode dan flowchart.

Pseudocode, adalah rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan

 

Flowchart, adalah diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi yang ditampilkan menggunakan simbol standar untuk menggambarkan instruksi-instruksi yang berbeda-beda

 

 

3.     Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!

Cara membuat program untuk robot visual yang akan bekerja membuat tulisan “I am Programmer”. Pemograman ini akan dilakukan dengan menggunakan program RoboMind. Algoritma untuk program tersebut adalah sebagai berikut.

 

START

Move ‘Posisi Awal’

WRITE ‘I’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘A’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘M’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘P’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘R’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘O’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘G’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘R’ 

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘A’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘M’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘M’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘E’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘R’

END

 

Selanjutnya, algoritma tersebut akan diterjemahkan menjadi kode kode program. Langkah- langkah membuat suatu program proyek visual yang mampu menuliskan kata/kalimat adalah sebagai berikut :

(1)   Jalankan program RoboMind

(2)   Untuk memilih map yang sesuai, dari menu File, klik perintah Open Map. Kotak dialog Open akan ditampilkan 

(3)   Pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini OpenArea. Map baru akan ditampilkan di jendela RoboMind.

(4)   Pada program ini, beberapa huruf akan digunakan secara berulang, seperti huruf A, M, dan R. Oleh karena itu, perintah untuk menuliskan huruf tersebut akan ditempatkan dalam bentuk Procedure sehingga dapat dipanggil berulang-ulang dan kita tidak perlu menuliskan kode yang sama berulang kali. Kode program untuk membuat Procedure ketiga huruf tersebut adalah sebagai berikut.

 

Procedure A()

{

PaintWhite

Forward(2)

Right

Forward(2)

Right

Forward(2)

Backward

Right

Forward(2)

StopPainting

}

 

Procedure M()

{

PaintWhite

Forward(2)

Right

Forward(1)

Right

Forward(1)

Backward(1)

Left

Forward(1)

Right

Forward(2)

StopPainting

}

 

Procedure R()

{

PaintWhite

Forward(2)

Right

Forward(2) 

Right

Forward

Right

Forward(2)

Backward(1)

Left

Forward

StopPainting

}

 

(5)   Tambahkan kode berikut untuk menempatkan robot di posisi awal untuk menuliskan huruf I.

Forward(3)

Left

Forward(2)

Storapainting

}

 

(6)   Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot menuliskan. Huruf I

#hurufI

PaintWhite

Forward(2)

StopPainting

 

(7)   Tambahkan kode berikut, untuk mendapatkan robot di pori RI awal menuliskan huruf A

Right

Forward(2)

Left

Backward (2)

 

(8)   Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot menuliskan huruf A. Dalam hal ini, kita akan menuliskan huruf A dengan cara memanggil Procedure A

#huruf A

A()

 

(9)   tambahkan kode program untuk huruf-huruf yang lain. Kode program selanjutnya adalah sebagai berikut.

 

Backward(3)

Right

Backward

 

#Buat Huruf M

M()

 

Left

Forward(2)

Left

 

#Huruf P

PaintWhite

Forward(2)

Right

Forward(2)

Right

Forward

Right

Forward(2)

StopPainting

 

Backward(3)

Right

Backward(1)

 

#Huruf R

R()

Left

Forward(2)

Left

 

 

#Huruf O

PaintWhite

Forward(2)

Right

Forward(2)

Right

Forward(2)

Right

Forward(2)

StopPainting

 

Forward(15)

Left

Forward(3)

Left

Forward

 

#Huruf G

PaintWhite

Forward(1)

Right

Forward

Right

Forward(2)

Right

Forward(2j

Right

Forward(2)

StopPainting

 

Forward

Left

Backward(2)

 

#Huruf R

R()

 

Left

Forward(2)

Left

 

#Huruf A

A()

 

Backward(3)

Right

Backward

 

#Huruf M

M()

 

Right

Forward(11)

Right

Backward(4)

 

#Buat Huruf M

M()

Left

Forward(1)

 

#Huruf E

PaintWhite

Forward(2)

Backward(2)

Left

Forward

Right

Forward

Backward

Left

Forward 

Right

Forward(2)

StopPainting

 

Forward

Left

Backward(2)

 

#Huruf R

R()

 

Left

Forward(2)

Left

 

(10) Untk melihat apakah kode program bekerja dengan baik, jalankan program tersebut.

(11) Jika program sudah bekerja dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu.    

 

 

4.     Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!

Variabel, digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan besar nilai tersebut dapat berubah-ubah

 

Tipe data, akan menentukan nilai seperti apa yang dapat disimpan oleh variabel tersebut

 

5.     Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!

Penggunaan variabel atau deklarasi variabel di C++ dapat dilakukan seperti ini:

String nama;

Int umur;

char jenis_kelamin

 

Tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti dengan nama variabelnya. Variabel-variabel di atas akan menyimpan nilai null (kosong) karena belum diisi.

 

6.     Jelaskan tiga tipe data numerik dengan teks!

Tipe data boolean, hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa True atau False

 

Tipe data numerik, digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan atau angka

 

Tipe data teks atau string, digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa teks

 

7.     Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!

Tipe data numerik digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan atau angka. Tapi, tipe data teks digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa teks

 

8.     Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!

START

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘S’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘A’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘F’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘I’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘R’

MOVE ‘Posisi Awal’

WRITE ‘A’

END

 

9.     Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!

Tipe data boolean digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa true atau false. Variabel dengan tipe data Boolean biasanya digunakan untuk menyimpan nilai dari suatu pengujian kondisi

 

10.  Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.

#Huruf S

PaintWhite

Forward(2)

Right

Forward(1)

StopPainting

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Akhir Bab 3 Safira Fachri 8E (31)

Kegiatan Ceramah Umum dan Digital Labs

Kesantunan atau etika bermedia sosial