Tugas essay Algoritma
Safira Fachri 8E (31)
1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?
Algoritma adalah kumpulan langkah-langkah instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau persoalan.
Perancangan algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer
2. Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!
2 cara yang dapat digunakan untuk menuliskan algoritma adalah pseudocode dan flowchart.
Pseudocode, adalah rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan
Flowchart, adalah diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi yang ditampilkan menggunakan simbol standar untuk menggambarkan instruksi-instruksi yang berbeda-beda
3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!
Cara membuat program untuk robot visual yang akan bekerja membuat tulisan “I am Programmer”. Pemograman ini akan dilakukan dengan menggunakan program RoboMind. Algoritma untuk program tersebut adalah sebagai berikut.
START
Move ‘Posisi Awal’
WRITE ‘I’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘A’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘M’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘P’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘R’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘O’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘G’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘R’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘A’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘M’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘M’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘E’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘R’
END
Selanjutnya, algoritma tersebut akan diterjemahkan menjadi kode kode program. Langkah- langkah membuat suatu program proyek visual yang mampu menuliskan kata/kalimat adalah sebagai berikut :
(1) Jalankan program RoboMind
(2) Untuk memilih map yang sesuai, dari menu File, klik perintah Open Map. Kotak dialog Open akan ditampilkan
(3) Pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini OpenArea. Map baru akan ditampilkan di jendela RoboMind.
(4) Pada program ini, beberapa huruf akan digunakan secara berulang, seperti huruf A, M, dan R. Oleh karena itu, perintah untuk menuliskan huruf tersebut akan ditempatkan dalam bentuk Procedure sehingga dapat dipanggil berulang-ulang dan kita tidak perlu menuliskan kode yang sama berulang kali. Kode program untuk membuat Procedure ketiga huruf tersebut adalah sebagai berikut.
Procedure A()
{
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(2)
Right
Forward(2)
Backward
Right
Forward(2)
StopPainting
}
Procedure M()
{
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(1)
Right
Forward(1)
Backward(1)
Left
Forward(1)
Right
Forward(2)
StopPainting
}
Procedure R()
{
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(2)
Right
Forward
Right
Forward(2)
Backward(1)
Left
Forward
StopPainting
}
(5) Tambahkan kode berikut untuk menempatkan robot di posisi awal untuk menuliskan huruf I.
Forward(3)
Left
Forward(2)
Storapainting
}
(6) Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot menuliskan. Huruf I
#hurufI
PaintWhite
Forward(2)
StopPainting
(7) Tambahkan kode berikut, untuk mendapatkan robot di pori RI awal menuliskan huruf A
Right
Forward(2)
Left
Backward (2)
(8) Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot menuliskan huruf A. Dalam hal ini, kita akan menuliskan huruf A dengan cara memanggil Procedure A
#huruf A
A()
(9) tambahkan kode program untuk huruf-huruf yang lain. Kode program selanjutnya adalah sebagai berikut.
Backward(3)
Right
Backward
#Buat Huruf M
M()
Left
Forward(2)
Left
#Huruf P
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(2)
Right
Forward
Right
Forward(2)
StopPainting
Backward(3)
Right
Backward(1)
#Huruf R
R()
Left
Forward(2)
Left
#Huruf O
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(2)
Right
Forward(2)
Right
Forward(2)
StopPainting
Forward(15)
Left
Forward(3)
Left
Forward
#Huruf G
PaintWhite
Forward(1)
Right
Forward
Right
Forward(2)
Right
Forward(2j
Right
Forward(2)
StopPainting
Forward
Left
Backward(2)
#Huruf R
R()
Left
Forward(2)
Left
#Huruf A
A()
Backward(3)
Right
Backward
#Huruf M
M()
Right
Forward(11)
Right
Backward(4)
#Buat Huruf M
M()
Left
Forward(1)
#Huruf E
PaintWhite
Forward(2)
Backward(2)
Left
Forward
Right
Forward
Backward
Left
Forward
Right
Forward(2)
StopPainting
Forward
Left
Backward(2)
#Huruf R
R()
Left
Forward(2)
Left
(10) Untk melihat apakah kode program bekerja dengan baik, jalankan program tersebut.
(11) Jika program sudah bekerja dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu.
4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!
Variabel, digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan besar nilai tersebut dapat berubah-ubah
Tipe data, akan menentukan nilai seperti apa yang dapat disimpan oleh variabel tersebut
5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!
Penggunaan variabel atau deklarasi variabel di C++ dapat dilakukan seperti ini:
String nama;
Int umur;
char jenis_kelamin
Tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti dengan nama variabelnya. Variabel-variabel di atas akan menyimpan nilai null (kosong) karena belum diisi.
6. Jelaskan tiga tipe data numerik dengan teks!
Tipe data boolean, hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa True atau False
Tipe data numerik, digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan atau angka
Tipe data teks atau string, digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa teks
7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!
Tipe data numerik digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan atau angka. Tapi, tipe data teks digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa teks
8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!
START
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘S’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘A’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘F’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘I’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘R’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘A’
END
9. Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!
Tipe data boolean digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa true atau false. Variabel dengan tipe data Boolean biasanya digunakan untuk menyimpan nilai dari suatu pengujian kondisi
10. Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.
#Huruf S
PaintWhite
Forward(2)
Right
Forward(1)
StopPainting
Terima kasih sdh mengerjakan tugasnya dengan baik
BalasHapus