Kegiatan Ceramah Umum dan Digital Labs

    Safira Fachri 8E (31)


    Halo nama saya Safira Fachri, saya dari kelas 8E dan saya akan menceritakan tentang kegiatan ceramah umum dan digital labs. Pada atanggal 29 september 2020 hari selasa kemarin, diadakan kegiatan  ceramah umum dan digital labs. Pemberi materinya adalah Firman Rmdhani, Deswara Aulia, dan Ninin Musa. Pada pembukaan kegiatan, acara disambutkan oleh kepala sekolah SMP Labschool Jakarta bapak Asdi Wiharto. Acara dibawa juga oleh MC dari humas OSIS Gadhiwara SMP Labschool Jakarta, Chyquita. Struktur atau jadwal kegiatan pada hari tu dimulai dari pagi hari hingga waktu dzuhur. setiap angakatan memiliki materi yang berbeda tetapi tema yang sama. Misalkan, Angkatan 29 terdapat workshop untuk belajar coding, Angkatan 28 berdiskusi tentang kreativitas digital, dan Angkatan 27 berdiskusi tentang media sosial.





    Kelas 7 berkegiatan workshop coding kegiatan tersebut meliputkan belajar coding sederhana dan mengembangkan aplikasi sendiri. Untuk kelas 8 yang berdiskusi tentang kreativitas digital dan kelas 9 yang berdiskusi tentang media social. Dalam kagiatan ini murid-murid juga harus menggunakan virtual backround, contohnya sebagai berikut





    Kegiatan dimulai pada awal pagi hari. Murid SMP labschool Jakarta dari Angkatan 27, 28, dan 29 join ke platform zoom yang sudah dipersiapkan. Setiap Angkatan dibagi kedalam breakout room. Kelas 7 bersama kelas 7, kelas 8 bersama kelas 8, dan kelas Sembilan bersama kelas 9 lainnya. Di kegiatan pertama terdapat kegiatan ceramah umum yang dibawakan oleh Firman Ramdhani. Ceramah umum yang ada di kegiatan pertama bertema tentang social media. Setiap murid dapat memperhatikan materi yang telah disampaikan pada kegiatan tersebut. Salah satu website atau aplikasi yang dipakat pada kegiatan ceramah umum adalah menti. Menti adalah website atau aplikasi dimana terdapat quiz-quiz yang diberikan oleh host. Murid labschool yang menyaksikan dapat memasukkan kode yang diberikan dan mulai menjawab pertanyaan yang diberikan. Setelah kegiatan sudah selesai, maka ada waktunya untuk beristirahat dari jam 09.30 sampai jam 10.00. 


    Setelah waktu istirahat berakhir, kegiatan berlanjut pada sesi kedua. Yaitu materi yang diberikan oleh ibu Ninin Musa yang bertema dunia perfilman. Pada kegiatan tersebut para murid Angkatan 28 belajar tentang duania perfilman. Ibu Ninin Musa adalah seorang produser film. Di kegitan tersebut murid-murid dapat mendengar cerita ibu Ninin Musa dan pengalamannya sebagai produser film. Dalam kegitan tersebut ada juga sesi tanya jawab dimana murid-murid dapat bertanya dan mendengar jawaban dari ibu Ninin Musa. Petanyan dari para murid sungguh menarik. Kami dapat mengetahu bagaiana proses membuat film dan lain-lainnya. 


    Setelah materi dari ibu Ninin Musa berakhir terdapat satu materi lagi yang diberikan oleh pak Deswara Aulia. Pak Deswara aulia adalah seorang praktisi online media dan social marketing.  Pada materi ini kami membahas materi yang sama tapi belau juga berbakat dalam bidang film animasi yang memiliki unsur animasi seperti CGI graphics. Pada materi tersebut beliau menjelaskan tentang cara atau proses membuat film beranimasi seperi mengguanakan CGI graphics dan green screen. Setelah materi ketiga berakhir maka acara pun sudah selesai.


    Menurut saya kegiatan ceramah umum dan digital labs ini sangat seru dan bermanfaat. Semua materi yang diberikan sangat bagus untuk dipelajari. Dan dari berbagai sisi, materi yang disampaikan seru sekali dan menarik. Materi-materi yang diberikan tentu sangat bermanfaat untuk anak-anak yang bercita-cita menjadi video creator atau  yang lain-lainnya. Materi yng disampaikan dapat menjadi sumber inspirasi untuk anak-anak muda. Dalam kegiatan ini saya dan teman-teman saya bertambah ilmu yang bermanfaat.





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Akhir Bab 3 Safira Fachri 8E (31)

Kesantunan atau etika bermedia sosial